Selalu Berpikir Optimis Membantu Anda Terhindar dari Depresi



Setiap orang tentu pernah merasa cemas, sedih, marah, takut, dan emosi lainnya. Itu adalah hal yang wajar. Bahkan ketika mengalami kegagalan dalam hidup, wajar jika merasa kecewa dan sedih. Tapi, jika perasaan kecewa dan sedih itu terus menerus dipelihara, bisa jadi membawa pengaruh negatif bagi diri Anda. Mulai dari tidak nafsu makan, sulit tidur, sampai mudah marah bisa terjadi dalam diri Anda.
Itu adalah tanda bahwa Anda sedang mengalami depresi. Ahli psikologi Kaplan dan Sadock menyebutkan bahwa depresi adalah masa terganggunya fungsi manusia yang berkaitan dengan alam perasaan yang sedih dan gejala penyertanya, termasuk perubahan pada pola tidur dan nafsu makan, psikomotor, konsentrasi, anhedonia, kelelahan, rasa putus asa dan tidak berdaya, serta gagasan bunuh diri. Jadi, dapat dikatakan bahwa depresi berkaitan dengan kejiwaan dan perasaan sedih yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan perubahan mental hingga timbul gagasan bunuh diri.
Setiap orang sebenarnya bisa mengalami depresi. Karena itu, sebelum depresi menyerang dan menggerogoti mental Anda, Anda harus buang jauh-jauh pikiran negatif yang bisa memengaruhi mental Anda. Cara paling mudah adalah dengan selalu berpikir positif dan optimis terhadap hidup Anda.
Depresi bisa menyerang Anda jika Anda merasa segala yang Anda lakukan tidak akan berhasil atau Anda merasa ada hal buruk yang akan terjadi. Dengan selalu memfokuskan diri kepada masalah, bukannya peluang keberhasilan, kecemasan yang berlebihan pun bisa menyerang Anda. Jika Anda selalu berpikir positif, bahwa Anda bisa melakukan yang terbaik dan segala yang akan terjadi adalah hasil dari kerja keras Anda selama ini, maka segala kecemasan dan kekhawatiran akan hilang. Anda pun bisa lebih percaya diri menghadapi berbagai jenjang dalam kehidupan.
Menjadi individu yang percaya diri adalah tanda bahwa Anda jauh dari depresi karena salah satu ciri seseorang yang mengalami depresi adalah kurangnya rasa percaya diri. Jika Anda adalah individu yang selalu optimis menjalani kehidupan, segala kegagalan yang terjadi akan Anda lihat sebagai pelajaran, bukannya kesalahan. Ubahlah pola pikir Anda dengan selalu berpikir optimis dan percaya diri.
Depresi adalah gangguan kejiwaan yang berasal dari pikiran. Jika Anda selalu berpikir positif dan optimis dalam menjalani hidup, maka depresi tidak akan menjangkiti diri dan jiwa Anda. Jangan lupa juga untuk selalu bersyukur, maka Anda akan lebih bahagia dan bisa berpikiran jernih dalam menghadapi masalah.
Previous
Next Post »